7 Tips untuk Memilih Platform Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis Anda

7 Tips untuk Memilih Platform Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis Anda

Saat ini, pemasaran media sosial telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran digital. Jika Anda ingin menjangkau audiens target Anda dan mengubahnya menjadi pelanggan setia, Anda harus membangun kehadiran Anda di platform media sosial. Namun, hanya karena ada calon pelanggan yang menggunakan platform tertentu, bukan berarti Anda harus menggunakan platform yang sama. Bahkan jika Anda melakukannya, hanya menyiapkan profil bisnis tidak menjamin akuisisi pelanggan ini. Pengetahuan tentang memilih platform media sosial yang tepat sangat penting untuk keberhasilan strategi media sosial Anda.

Jika Anda merasa kewalahan tanpa tahu harus mulai dari mana, berikut 7 tips untuk membantu Anda memilih platform media sosial yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Biarkan Bisnis Anda Mengarahkan Anda

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah sifat bisnis Anda. Jika Anda beroperasi terutama sebagai perusahaan B2B, Anda pasti ingin mencari platform profesional yang kemungkinan menjangkau bisnis lain lebih tinggi. Dalam hal ini, LinkedIn harus menjadi pilihan pertama Anda, karena membantu Anda membangun koneksi pribadi dengan para profesional sambil menargetkan klien saat ini dan yang potensial. Untuk bisnis B2C, platform seperti Facebook dan Instagram akan memberi Anda peluang lebih baik untuk menjangkau dan terlibat dengan calon pelanggan. Selain itu, Anda harus membiarkan tujuan bisnis Anda mengarahkan upaya Anda. Jika prospek berkualitasnya Anda incar, maka memposting konten berkualitas tinggi di LinkedIn adalah cara yang tepat. Namun, jika Anda mengembangkan merek yang berfokus pada konsumen, lebih baik memulai dengan Instagram.

Baca Juga:  Tips dan Trik Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol

2. Temui Target Audiens Anda Di Mana Mereka Berada

Setelah Anda menyadari ruang lingkup bisnis Anda dan platform mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda perlu mempertimbangkan audiens target Anda juga. Pakar teknologi di Alrigh menunjukkan bahwa, meskipun aplikasi media sosial digunakan oleh semua orang, cara pengguna berinteraksi di setiap aplikasi menjadi sangat berbeda – meskipun itu adalah pelanggan yang sama. Anda perlu menganalisis pengguna dari setiap platform, mempelajari demografi target audiens Anda, dan memahami perilaku mereka, sehingga Anda dapat bertemu dengan mereka di mana mereka berada, bagaimana mereka ingin didekati.

3. Pertimbangkan Jenis Konten yang Akan Anda Bagikan

Memilih jenis konten yang akan Anda bagikan bisa jadi sedikit rumit. Anda ingin membuat konten yang akan menampilkan bisnis Anda, tetapi jenis platform yang Anda gunakan akan sangat memengaruhi konten yang dapat Anda buat atau bagikan. Daripada berputar-putar, lebih baik pikirkan dulu target audiens Anda, temukan platform yang memberi Anda peluang terbaik untuk menjangkau mereka, lalu sesuaikan konten agar sesuai dengan selera mereka. Misalnya, jika konten Anda sangat bergantung pada produksi video untuk memamerkan produk Anda, maka memulai saluran YouTube adalah cara yang paling jelas untuk melakukannya. Jika konten Anda difokuskan pada blog informatif, maka LinkedIn akan lebih efektif.

4. Biarkan Platform Anda Saling Mendukung

Bagaimana jika Anda harus membuat lebih dari satu akun media sosial? Mungkin Anda perlu menargetkan segmen pelanggan yang berbeda, atau Anda perlu berbagi jenis konten yang berbeda. Dalam hal ini, Anda dapat memulai lebih dari satu akun media sosial dan membiarkan platform ini saling mendukung. Misalnya, Anda dapat mempublikasikan video Anda di YouTube selain IGTV. Untuk meningkatkan upaya blog Anda, Anda dapat menggabungkan blog situs web Anda dan LinkedIn. Memulai lebih dari satu platform media sosial juga dapat memberi Anda kesempatan untuk menggunakan kembali konten Anda dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Baca Juga:  Strategi Berinvestasi Saham dengan Modal Minim

5. Mengintip Pesaing Anda

Seringkali, Anda dapat memulai upaya pemasaran tanpa mengetahui apakah semuanya efektif. Anda tidak perlu menemukan kembali roda; mengapa tidak melihat pesaing Anda dan melihat bagaimana mereka beroperasi? Ini akan memberi Anda gambaran yang baik tentang seberapa efektif strategi mereka dan, jika efektif, apa yang harus Anda lakukan juga.

6. Pertimbangkan Tujuan Pemasaran Anda Secara Keseluruhan

Anda tidak boleh membuat keputusan hanya dengan melihat platform media sosial. Pertama-tama, Anda menjelajahi platform media sosial untuk mencapai tujuan pemasaran Anda. Meskipun platform terlihat menarik atau mudah dikelola, Anda harus selalu meninjau kembali rencana Anda dan mengevaluasi apakah menggunakan platform ini akan berkontribusi pada tujuan pemasaran utama Anda.

7. Bersikaplah Konsisten

Terakhir, perlu diingat bahwa kunci sukses di media sosial adalah konsisten. Di tempat pengguna mengupdate feed mereka setiap menit, Anda tidak akan bisa melihat hasilnya jika hanya memposting sebulan sekali. Konsistensi adalah kunci dengan semua platform media sosial.

Dengan lebih banyak media sosial daripada yang bisa dihitung jari Anda, memilih yang tepat bisa jadi sangat berat. Itu menjadi lebih menantang bagi bisnis kecil yang tidak mampu membuang waktu atau sumber daya dengan eksperimen atau usaha yang sia-sia. Namun, setelah Anda menyelaraskan tujuan bisnis, audiens target, dan kebutuhan konten Anda, Anda akan dapat mempersempit daftar ke platform media sosial yang paling efektif.

Baca Juga:  Cara Sederhana Mengalahkan Tantangan Pada Bisnis Anda